Pelatihan Sumber Daya Manusia

7 Manfaat Menyelenggarakan Pelatihan Sumber Daya Manusia

Pelatihan sumber daya manusiaPelatihan Sumber Daya Manusia  – Mengadakan pelatihan sumber daya manusia atau SDM dilakukan oleh nyaris semua perusahaan, terutama perusahaan besar. Alasannya tentu tidak terlepas dari manfaat besar pelatihan tersebut bagi masa depan perusahaan. Pelatihan SDM diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Lalu, seperti apa manfaat yang diberikan? Berikut informasinya.

Manfaat Ikut Pelatihan Sumber Daya Manusia

Pelatihan SDM dilakukan untuk memberikan keterampilan yang maksimal kepada karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pelatihan ini tidak hanya membantu menanamkan keterampilan yang diperlukan karyawan. Akan tetapi juga memberi motivasi kepada mereka untuk bekerja dengan sungguh-sungguh atau sepenuh hati.

Melalui penjelasan tersebut, maka pelatihan SDM sudah tentu memberikan manfaat yang berlimpah bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Manfaat tersebut antara lain:

1. Mengurangi Kinerja Karyawan yang Buruk

Pelatihan SDM di sebuah perusahaan memberi manfaat untuk mengurangi adanya kinerja buruk dari seluruh karyawan. Kinerja buruk bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tata kelola SDM yang masih kurang sampai faktor internal karyawan itu sendiri.

Pelatihan terkait SDM membantu meningkatkan keterampilan sekaligus memberikan motivasi agar karyawan bekerja dengan semangat. Bekerja adalah ibadah yang berkahnya tidak hanya dirasakan perusahaan namun juga setiap karyawan. Selain itu, bekerja membantu karyawan berpenghasilan dan bisa membeli kebutuhan maupun keinginan.

2. Meningkatkan Produktivitas Tim dan Individu di Perusahaan

Pelatihan terhadap seluruh karyawan juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas. Keterampilan karyawan yang meningkat bisa membantu mencapai target di divisi tempat karyawan tersebut bertugas. Selain itu, pelatihan memberi motivasi yang membakar semangat kerja karyawan.

Motivasi positif seperti pencapaian target personal (misal mimpi punya rumah) sampai keinginan untuk mengabdi sepenuh hati kepada perusahaan. Tentunya akan membantu karyawan lebih semangat bekerja dan berusaha mencapai target yang telah ditentukan. Produktivitas pun meningkat dengan sendirinya.

3. Membantu Meningkatkan Fleksibilitas Karyawan

Manfaat berikutnya dari penyelenggaraan pelatihan sumber daya manusia adalah meningkatkan fleksibilitas karyawan. Artinya, pelatihan yang membantu meningkatkan keterampilan dan keahlian karyawan membuat mereka lebih fleksibel dalam hal penempatan dan perubahan lingkungan.

Karyawan kemudian bisa saling membantu antar bagian ketika ada salah satu bagian yang kekurangan SDM. Sehingga perusahaan memiliki karyawan multitalenta yang bisa membantu beberapa proses atau beberapa pekerjaan berbeda sekaligus. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien dalam merekrut karyawan.

Sehingga bisa membantu mengontrol biaya penggajian karyawan, dimana gaji karyawan diketahui sebagai pengeluaran terbesar bagi sebuah perusahaan. Lewat pelatihan juga, perusahaan bisa memindahkan karyawan ke cabang tertentu. Bisa untuk memberi pelatihan pada karyawan atau menutup kekurangan SDM di cabang tersebut.

4. Membangun Komitmen Tinggi di Kalangan Karyawan

Pelatihan memberi motivasi positif yang bisa mengingatkan kembali karyawan mengenai tujuannya bekerja. Ada karyawan yang punya tujuan membeli rumah sendiri, menikah dengan gadis pujaan hati, memiliki kendaraan, membahagiakan orangtua, naik haji, dan lain sebagainya.

Pelatihan membantu karyawan fokus pada tujuan masing-masing dengan bekerja sepenuh hati. Sehingga tujuan karyawan tercapai karena punya kinerja baik dan dipertahankan oleh perusahaan. Di sisi lain, perusahaan juga diuntungkan dengan produktivitas karyawan yang tinggi. Sehingga pelatihan bermanfaat bagi semua pihak.

5. Mencegah Absensi yang Tinggi

Manfaat berikutnya dari pelatihan SDM adalah mencegah absensi karyawan yang cukup tinggi. Jadi, absensi sering terjadi ketika karyawan kurang produktif dan kemudian menjadi sering lembur. Lembur yang terlalu sering bahkan nyaris setiap hari bisa menyita seluruh energi dan waktu karyawan.

Sehingga menjelang akhir pekan sudah kehabisan energi dan kemudian menjadi malas saat hari Senin tiba. Lembur terlalu tinggi juga bisa berdampak pada kesehatan karyawan yang menurun. Jika banyak yang sakit maka banyak yang ijin tidak masuk kerja, pada akhirnya produktivitas turun semakin parah.

Adanya pelatihan membantu mencegah hal tersebut, sebab karyawan punya motivasi khusus. Motivasi ini bisa membantu mereka lebih produktif sehingga menurunkan jam lembur dan kemudian menurunkan angka absensi. Perusahaan pun diuntungkan dengan peningkatan produktivitas.

6. Mewujudkan Tujuan atau Cita-Cita Perusahaan

Karyawan selesai mengikuti pelatihan SDM kemudian akan mengalami semangat tinggi untuk bekerja. Produktivitas kemudian meningkat dan bisa mencapai target yang ditentukan perusahaan. Secara perlahan hal ini berdampak baik pada pencapaian tujuan perusahaan tersebut.

7. Mendorong Kenaikan Pemasukan

Manfaat lainnya dari penyelenggaraan pelatihan SDM adalah membantu perusahaan mendapatkan kenaikan pemasukan. Perusahaan yang menghasilkan produksi dalam jumlah lebih banyak dan dengan kualitas yang baik. Sudah tentu mendapat kemudahan untuk memasarkan produk tersebut.

Sehingga bisa mendapatkan pemasukan lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya ketika belum menyelenggarakan pelatihan SDM. Oleh sebab itu, pelatihan SDM perlu dilakukan berkala untuk membantu memberi motivasi dan mengingatkan karyawan dengan motivasinya sendiri dalam bekerja.

Langkah ini membantu menjaga produktivitas karyawan tetap tinggi supaya produk yang dihasilkan sesuai target atau bahkan melebihi. Jika sudah terjual di pasaran atau disalurkan ke pengecer maka perusahaan bisa mendapatkan pemasukan lebih.

Pemasukan ini digunakan kembali untuk menjaga loyalitas karyawan, misalnya dengan memperbaiki fasilitas, kenaikan gaji, pemberian bonus, mengadakan pelatihan lanjutan, dan lain-lain.

Dimana Bisa Ikut Pelatihan SDM?

Setelah paham betapa pentingnya pelatihan SDM, maka para pemilik perusahaan perlu mempertimbangkan untuk menyelenggarakannya. Biasanya perusahaan akan menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan yang menyediakan pelatihan khusus SDM. Ada banyak lembaga pelatihan bisa dipilih, dan perlu mengutamakan yang resmi dan berpengalaman.

Lembaga pelatihan yang tepat akan menyajikan materi dan memberi pelatihan keterampilan yang sesuai kebutuhan perusahaan. Sekaligus membantu perusahaan mencapai tujuannya mengadakan pelatihan tersebut. Jika butuh rekomendasi lembaga pelatihan sumber daya manusia yang sudah terpercaya, maka bisa menghubungi kontak 081297131551 | 087778261019

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia

Chat SOFI
1
📫 Butuh bantuan? Chat kami
Diskusi Bareng SOFI
Hai Sobat, butuh seseorang untuk diskusi masalah pekerjaan? Diskusi bareng SOFI aja sini