Pelatihan dan Pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia

Pelatihan dan Pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia

Pelatihan dan Pengembangan SDM Menjadikan Bisnis Anda Lebih Baik

Pelatihan dan pengembangan sdm merupakan hal penting karena tuntutan organisasi yang membutuhkan komponen-komponennya memiliki standar tinggi untuk lebih memaksimalkan pencapaian tujuannya. Salah satu komponen yang harus memiliki standar tinggi ini adalah sumber daya manusia atau SDM yang unggul.

Selain untuk mencapai tujuan, tentunya akan ada persaingan antara organisasi satu dengan yang lain. Sehingga sumber daya manusia atau SDM yang baik sangat berpengaruh pada persaingan dan pencapaian tujuan organisasi. Hal ini yang mendasari pentingnya sebuah program pelatihan dan pengembangan SDM.

pelatihan dan pengembangan sdm
pelatihan dan pengembangan sdm

Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Melatih sumber daya manusia bukan sekedar soal memberikan materi, praktek, uji coba, dan lainnya saja. Namun, penyelenggara harus mengetahui apa sebenarnya definisi dari program yang ditawarkan, tujuan serta manfaatnya.

Definisi

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia ini terdiri dari dua kata kerja, yaitu ‘pelatihan’ dan ‘pengembangan’, dan definisi dari program ini juga memberikan dua arti. Pengembangan merupakan suatu proses untuk melatih jangkauan hubungan antar manusia atau human relation dengan kecerdasan konseptual untuk mengambil sebuah keputusan.

Sedangkan kata pelatihan diartikan sebagai sebuah program yang tujuannya untuk mencerdaskan serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan seseorang.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pastinya sebuah program yang dianggap sebagai penyelesaian ini memiliki manfaat. Adapun manfaat dari program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia antara lain meminimalisir kecelakaan kerja, meningkatkan loyalitas sesama anggota, menekan tindak kinerja yang buruk, mengembangkan kepribadian yang baik, menambah wawasan, dan lain sebagainya.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Selain manfaat, hakikatnya sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia memiliki tujuan yang formal. Tujuan ini tak jauh berbeda dengan manfaat yang telah dibahas sebelumnya.

Berikut adalah tujuan dari program ini, pertama untuk menyingkat waktu seorang individu dalam belajar menjadi individu yang lebih baik, menanamkan profesionalitas seorang individu, memastikan individu telah mengerti teknologi yang mutakhir, membuat individu lebih berorientasi pada kelompok, menambah kemampuan individu, dan membantu seorang individu bisa memecahkan persoalan pribadinya.

Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Ada tiga tahapan umum yang harus tercapai dalam sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Tiga tahapan ini antara lain menentukan kebutuhan program, merancang program, dan mengevaluasi efektivitas program.

Tahap Pertama – Perencanaan

Di tahap pertama atau tahap menentukan kebutuhan program, penyelenggara harus bisa mengumpulkan data dan informasi yang sevalid mungkin apakah sebuah organisasi membutuhkan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia atau tidak. Jika rupanya tidak dibutuhkan lebih baik tidak dilakukan, karena pastinya akan buang-buang tenaga dan biaya.

Tahap Kedua – Pelaksanaan

Tahap kedua adalah melaksanakan program sesuai rencana. Pelaksanaannya harus sesuai dengan tujuan utama dari progam atau tujuan yang ingin dicapai. Penyesuaian tujuan harus tepat dengan deskripsi yang lebih spesifik.

Tahap Ketiga – Evaluasi

Selanjutnya ada tahap evaluasi untuk mengetahui apakah program yang telah terlaksana berjalan efektif atau tidak. Namun tak hanya itu saja, evaluasi juga berfungsi untuk mengetahui kekurangan program dan belajar dari kekurangan itu sehingga dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Metode Pelatihan dan Pengembangan SDM

Ada lima jenis atau metode yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Penyelenggara dapat memilih metode yang paling sesuai dengan tujuan program yang akan dilaksanakan.

Metode yang pertama adalah teknik pelatihan keahlian atau skill training, pelatihan ulang, pelatihan lintas fungsional, pelatihan tim, dan pelatihan kreatifitas. Pelatihan kreativitas akan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk memberikan gagasan serasional mungkin dan kemudian dibahas.

Sedangkan pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan yang akan membuat masing-masing anggota mempelajari bidang lainnya yang jobdesknya tidak mereka miliki. Pelatihan tim bertujuan untuk membuat sesama anggota bisa bekerja sama dalam menyelesaikan satu masalah yang mana bisa meningkatkan kerja tim untuk selanjutnya.

Kesimpulan

Melakukan pelatihan SDM  bisa membuat karyawan pada bisnis Anda lebih terampil dan loyal terhadap perusahaan Anda. Disisi lain karyawan pun mendapatkan manfaat dari pelatihan yang mereka lakukan dengan meningkatnya kemampuan mereka.

Chat kami
📫 Butuh bantuan? Chat kami
Halo 👋, ada yang bisa kami bantu?